Animasi komputer
1.
Pengertian.
Animasi komputer adalah seni
menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan
merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi komputer salah
satu bentuk modern cara pembuatan dan pengembangan animasi dengan teknik stop
motion dalam animasi tradisional. Animasi komputer atau animasi CGI(Computer
generated Imagery) ini sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan untuk
menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan menggunakan komputer
grafis. Dengan menggunakan Animasi CGI kita dapat membuat suatu animasi dengan
adegan yang statis dan dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada
sebuah gambar yang bergerak.
Animasi
tradisional pada dasarnya merupakan penerus digital dengan teknik stop motion
yang digunakan dalam animasi tradisional. Animasi ini menggunakan model 3D dan
frame by frame animasi ilustrasi 2D. Dengan menggunakan metode ini , animasi
yang dihasilkan lebih terkendali daripada menggunakan proses manual, contohnya
seperti saat kita ingin membaangun sebuah miniatures dengan memberikan efek
keramaian tempat tersebut.
2. Sejarah
dan Perkembangan
Animasi
komputer awal digital dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun
1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael
Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National
Laboratory. Komputer animasi awalnya, digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik
dan lainnya, tetapi eksperimentasi artistik mulai terjadi pada pertengahan
1960-an.
Pada pertengahan 1970-an, cara ini mulai masuk ke
media publik. Banyak komputer grafis saat ini melibatkan penggambaran
2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer meningkat, upaya
untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk perkembangan animasi
komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop,
dan pada pertengahan 1990-an telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi
dapat digunakan untuk produksi film keseluruhan.
Saat
ini Animasi komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D, walaupun
grafik komputer 2D masih digunakan, hal ini dikarenakan dengan menggunakan
komputer 2D bisa membuat gaya, bandwidth lebih rendah, dan lebih cepat
real-time rendering. Dengan menggunakan animasi komputer itulah seniman mulai
menggunakan mesin permainan untuk membuat film non-interaktif, yang mengarah ke
Machinima berbentuk seni.
Fitur-panjang
komputer pertama film animasi adalahn film Toy Story oleh Pixar tahun 1995 .
Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan pemiliknya. Film terobosan ini
adalah yang pertama dari banyak film penuh animasi komputer.Selain itu dengan
Animasi komputer diciptakanlah film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010),
Avatar (2009), Shrek 2 (2004), dan Cars 2 (2011).
3. Cara Kerja
animasi komputer dan perkembangan teknologi.
Proses pembuatan animasi awalnya melibatkan penggunaan
gambar tangan (manual), Dengan ditemukannya komputer maka beban yang dikerjakan
oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih dengan
adanya komputer lebih mempermudah pembuatan animasi,dan konsep tiga dimensi
(3D) animasi pun menjadi mungkin. Melalui perangkat lunak dan pengembangan
perangkat keras, komputer dapat menciptakan ruang 3D virtual untuk proses
animasi. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk mengedit urutan animasi karena
lebih mudah untuk mengubah informasi digital. Namun, kita juga harus ingat
bahwa sudut pandang yang diberikan pada animasi 3D akan menjadi sama dengan
animasi 2D. Kedua jenis animasi yang ditampilkan pada permukaan 2D, merupakan layar. Satu-satunya perbedaan
adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi 3D dibandingkan
animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan, seniman
harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam animasi
3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para seniman
hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan software. Dengan
demikian, itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses dan terlihat lebih
realistis.
Animasi grafis tidak hanya berhenti di film dan gambar
gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda dengan bantuan
teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa bantuan kamera dan
akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka tangkap oleh
kamera video. Perangkat video capture
menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan resolusi sangat
tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih mudah. Namun
demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam animasi,
karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru untuk
proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture seperti
kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih tinggi,
sehingga membuat Computer Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.
Sekitar beberapa ratus tahun yang lalu di mana tidak
ada mikroprosesor, proses pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak
benar-benar baik. Namun, sebagai teknologi baru yang ditemukan seperti
komputer, proses render film menjadi lebih mudah setiap hari. Namun, karena
teknologi baru memungkinkan gambar untuk memiliki resolusi sangat tinggi, daya perangkat
keras pengolahan juga menjadi tantangan. Dengan "tenaga kuda" adanya
komputer CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit), waktu
render untuk gambar selama 20 tahun terakhir hanyamenghabiskan beberapa detik
untuk menyelesaikannya. Namun, karena resolusi tinggi, proses render akan
memakan waktu lebih lama. Misalnya, film "Transformers", sebuah film
tentang robot alien yang mencoba untuk menyerang bumi. Satu detik dari film
biasanya memiliki 24 frame, dan kita dapat melihat lama waktu yang diperlukan
untuk membuat rekaman CGI yang mengagumkan dengan teknologi terbaru yang
tersedia.
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .
4. Menambah Efek Animasi Pada Objek
Objek-objek pada slide dapat diberi efek animasi supaya terlihat menarik.langkah untuk membuat animasi pada objek adalah sebagai berikut:
Objek-objek pada slide dapat diberi efek animasi supaya terlihat menarik.langkah untuk membuat animasi pada objek adalah sebagai berikut:
- Tampilkan slide dimana objek yang akan diberi efek animasi berada
- Klik menu Slide Show dan klik Custom Animation untuk menampilkan panel Custom Animation.
- Pilih Objek yang akan diberi efek animasi pada slide
- Pada Panel Custom Animation klik Add Effect untuk menampilkan Daftar folder kelompok animasi objek dan tunjuk folder dimana pilihan animasi yang akan digunakan untuk menampilkan daftar pilihan animasi seperti terlihat pada gambar dibawah.
- Klik Pilihan animasi yang akan digunakan pada objek.Objek yang dipilih pada slide terlihat beranimasi sesuai dengan pilihan animasi tersebut.Pada bagian tengah panel Custom Animation terlihat kotak yang menampilkan daftar objek yang telah diberi efek animasi beserta nomor urut pemberian animasi pada objek di dalam slide.
- Lakukan pemberian animasi pada objek-objek lain pada slide.
Memodifikasi
Animasi Pada Objek
Animasi yang telah diberikan pada objek dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
Animasi yang telah diberikan pada objek dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
- Pada panel Custom Animation klik objek yang akan dimodifikasi animasinya untuk memilih.
- klik tombol dorong kebawah pada kotak start untuk menampilkan daftar pilihan waktu jalannya animasi objek.
- klik pilihan on click untuk menjalankan animasi ketika mouse diklik,klik pilihan With Preview untuk menjalankan animasi bersamaan dengan animasi objek sebelumnya,atau klik pilihan After Previous untuk menjalankan animasi setelah menjalankan animasi objek sebelumnya.
- Klik tombol dorong kebawah pada kotak Direction untuk menampilkan daftar pilihan arah animasi objek .
- Pilih Across untuk animasi bersilang atau klik Down untuk membuat animasi arah kebawah
- klik tombol dorong kebawah pada kotak speed untuk menampilkan daftar pilihan kecepatan animasi.
Mengubah
Urutan Jalannya Animasi Objek
Urutan jalannya animasi objek pada slide bergantung pada urutan pemberian animasi pada objek.Kita dapat mengubah urutan jalannya animasi objek sesuai kebutuhan.
Urutan jalannya animasi objek pada slide bergantung pada urutan pemberian animasi pada objek.Kita dapat mengubah urutan jalannya animasi objek sesuai kebutuhan.
- pada kotak daftarobjek yang telahdiberi animasi panel custom Anmation klik objek yang akan diubah urutannya untuk memilih
- Seret objek tersebut ke atas atau kebawah objek lain.
- setelah posisi urutan yang diinginkan diperoleh,lepaskan penekanan tombol mouse.
Memberi
Suara pada Animasi Objek
Supaya presentasi lebih hidup dan menarik lagi,kita dapat memberi suara pada animasi objek.
Supaya presentasi lebih hidup dan menarik lagi,kita dapat memberi suara pada animasi objek.
- Pada daftar objek yang telah diberi animasi klik objek yang ingin diberi suara pada animasinya.
- klik tombol dorong kebawah pada objek yang dipilih untuk menampilkan menu pilihan jalannya animasi objek dan perintah untuk mengatur animasi objek.
- Klik perintah Effect Options untuk menampilkan kotak dialog pilihan animasi objek yang dipilih pada tab Effect.
- Pada kotak Sound pilih suara yang kita gunakan pada animasi objek.
- Kemudian klik OK untuk menutup kotak dialog pilihan animasi Objek
Mengatur
Animasi Teks
Secara Defaul,animasi teks pada slide diatur sekaligus ditampilkan.selain sekaligus,kita dapat mengatur animasi teks kata demi kata atau huruf demi huruf.
Secara Defaul,animasi teks pada slide diatur sekaligus ditampilkan.selain sekaligus,kita dapat mengatur animasi teks kata demi kata atau huruf demi huruf.
- pilih objek teks yang akan diatur animasinya pada daftar objek yang telah diberi animasi.
- Tampilkan kotak dialog pilihan animasi objek yang dipilih kembali.
- Klik tombol dorong kebawah pada kotak Animate Teks untuk menampilkan daftar pilihan animasi teks seperti terlihat pada gambar di bawah.
- pilih All at once untuk menampilkan animasi teks sekaligus.Pilih By Word untuk menampilkan animasi teks kata demi kata,atau pilih by letter untuk menampilkan animasi teks huruf demi huruf.
- Jika kita menggunnakan pilihan animasi teks kata demi kata atau huruf demi huruf,tentukan persentase penundaan kata atau huruf didalam animasi.semakin tinggi persentase penundaan semakin,semakin lambat animasi teks terlihat.
- Setelah mengatur animasi teks, klik tombol OK untuk menutup kotak dialog pilihan animasi.
Menambahkan
Animasi Pada Objek dan Slide Secara Bersamaan
Kita telah menambahkan efek animasi pada objek dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.Pemberian efek pada objek dengan cara ini sangat lambat.Untuk memudahkan pemberian efek animasi pada semua objek di dalam slide secara bersamaan,kita dapat menggunakan skema animasi.
Kita telah menambahkan efek animasi pada objek dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.Pemberian efek pada objek dengan cara ini sangat lambat.Untuk memudahkan pemberian efek animasi pada semua objek di dalam slide secara bersamaan,kita dapat menggunakan skema animasi.
- Tampilkan slide dimana objek-objek yang akan diberi efek animasi berada.
- Klik menu Slide Show dan klik Perintah Animation Schemes.(pada panel akan terlihat daftar pilihan skema animasi)
- klik skema animasi yang ingin kita gunakan,maka skema animasi tersebut diaplikasikan ke objek-objek pada slide.Hal ini ditunjukan dengan terliahatnya jalannya animasi objek-objek pada slide yang ditampilkan
- klik tombol Apply to All Slides untuk mengaplikasikan skema animasi pada semua slide di dalam presentasi.
Sumber: http://privatkom1.blogspot.com/2010/02/menambah-efek-animasi.html
5. BAHASA ANIMASI
1. Linier-list Notations
Semua event dalam animasi ditulis dengan sebuah awal dan akhir nomor frame dan sebuah aksi
yang akan dilakukan pada suatu koordinat tertentu.
42, 53, B, ROTATE “PALM”,1,30
Artinya: antara frame 42,53, rotate obyek yang bernama PALM pada koordinat X = 1 dengan sudut 30
derajat dengan menggunakan table informasi dari tabel B.
Contoh: program Scefo (SCEne FOrmat).
2. General Purpose Language
Dilakukan dengan menempelkan animasi pada bahasa pemrograman biasa. Nilai dari variabel pada
bahasa pemrograman tersebut dijadikan sebagai parameter untuk prosedur, untuk membuat
animasi.
Contoh: ASAS adalah bahasa yang dibuat dengan menggunakan LISP
Adalah bahsa visual yang mampu memvisualkan aksi dari perintah-perintah untuk membangun animasi.
Contoh : GENESYS, DIAL, dan S-DINAMYC SISTEM
6.Teknik Pembuatan Animasi Komputer
Teknik
pembuatannya animasi dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu : animasi
cel, animasi frame, animasi sprite, animasi path, animasi spline,
animasi vektor, animasi clay, morphing, animasi digital dan animasi
karakter. Pengertiannya :
1.animasi cel
1.animasi cel
Animasi cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi. Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.
2.animasi frame
Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.
3.animasi sprite
Pada animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director.
4.animasi path
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
5.animasi spline
Pada animasi spline, animasi dari objek bergerak mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi perhitungan matematis. Hasil gerakan animasi ini lebih halus dibandingkan dengan animasi path. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kupu-kupu yang terbang dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi script, teknik ini menggunakan action script yang membangkitkan sebuah lintasan berbentuk kurva dari persamaan matematis.
6.animasi vektor
Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, perbedaannya hanya terletak pada gambar yang digunakan dalam objek sprite-nya. Pada animasi sprite, gambar yang digunakan adalah gambar bitmap, sedangkan animasi vektor menggunakan gambar vektor dalam objek sprite-nya. Penggunaan vektor ini juga mengakibatkan ukuran file animasi vektor menjadi lebih kecil dibandingkan dengan file animasi sprite.
7.morphing
Morphing adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dalam Macromedia Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening shape.
8.animasi clay
Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh penerapan animasi ini adalah pada film Chicken Run dari Dream Work Pictures. Teknik animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.
9.animasi digital
Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi. Contoh animasi jenis ini adalah film Spirited Away dan Lion King.
10.animasi karakter
Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi, oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut. Contoh animasi dengan teknik ini adalah Film yang berjudul Finding Nemo, Toy Story dan Moster Inc.
sumber:http://meita-amd.blogspot.com/2014/08/animasi-komputer.html#more
Tidak ada komentar:
Posting Komentar